Rabu, 3 November 2021, 300 peserta telah menghadiri webinar “Inovasi Wisata Gunung Garut” Yang diselenggarakan oleh Prodi Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Garut (UNIGA), Wisata Gunung Garut dan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Dengan tema Pemberdayaan Stakeholders untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Wisata di Kabupaten Garut Menggunakan Platform Digital Berbasis Web, kegiatan ini dihadiri oleh 300 peserta dari berbagai daerah, dan kegiatan ini mengundang para pecinta alam dan anggota komunitas gunung khususnya wilayah Garut.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan pada sektor pariwisata di Indonesia sedang melakukan pembenahan dalam segala aspek karena sektor inilah yang disebut-sebut sebagai core economy Indonesia. Begitu pula dengan industri pariwisata di Kabupaten Garut, disatu sisi Garut dikenal sebagai kabupaten yang kaya akan keindahan pantai, gunung, kearifan lokal dan kekayaan kulinernya. Dari sejumlah potensi wisata yang bisa dikembangkan, wisata Gunung merupakan yang paling mendapatkan perhatian dan respon positif dari media newsonline. Di era globalisasi ini, pemanfaatan teknologi informasi sebagai media aspirasi masyarakat kerap digunakan warganet untuk memberikan ulasan mereka mengenai objek wisata yang telah mereka kunjungi.\

Beberapa peserta webinar memberikan tanggapan, berdasarkan survei evaluas kegiatan,

Nasef Nugraha “Sangat bagus dan juga membuka insight mengenai pariwisata ditengah dan pasca pandemi”

Agung Hermawan “sangat baik dan bagus untuk kemajuan kota garut ini di bidang pariwisata”

Annisa Ilmi Faried “Materinya menambah pengetahuan baru bagi saya yang berada di luar kota saya. Moga saya bisa berkunjung kesana aamiin”

Yesaya Diklesia Subrata “Terima kasih kepada para narasumber dalam menyampaikan materi yang sangat mrmbantu saya sebagai mahasiswa kepariwisataan”

Nur Hasanah “Sangat menginovasi kami sebagai mahasiswa/pemuda pemudi Indonesia untuk memajukan pariwisata dalam keadaan pandemi seperti ini”

Saeful Wahyudin “Sangat bagus untuk menambah pengetahuan di bidang pariwisata, ekonomi kreatif dan digital masa ini”

Reno CD Oktavia “excellent webinar!.. please keep the excellent job! thank you”

Nunik Ariyani “Kegiatan webinar ini sangat bermanfaat dan memberi pengetahuan tentang inovasi wisata garut dan mengembangkan wisata alam di garut secara untuk kedepannya”

Muhammad Fikri Febrian “Webinar ini sangat menarik serta menambah ilmu pengetahuan tentang wisata di Kabupaten Garut. Semoga sektor wisata di Kabupaten Garut terus meningkat dan menambah pendapatan ekonomi wilayah setempat.”

Beliana Sarifatunnisa “Sangat luar bisa, bermanfaat serta menambah wawasan tentang wisata gunung khususnya di garut. Terimakasih untuk tim wisata gunung garut serta panitia yang terlibat, terimakaish telah mengadakan webinar ini”

Iwa Kustiwa “Menurut saya,webinar ini sangat penting bagi pengembangan wisata gunung yang ada digarut karena di Garut bukan hanya kuliner atau wisata yang lain tetapi Garut mempunyai gunung yang sangat indah”

Muhammad Rafi Anwari “Kegiatan ini sangat interaktif dan bagi saya memiliki manfaat terkait informasi mengenai gunung-gunung yang ada di¬†daerah Garut. Selain itu, webinar ini dapat membuka wawasan masyarakat terkait kondisi maupun fasilitas yang ada di gunung-gunung tersebut, jadi hal ini memungkinkan masyarakat untuk lebih terbuka wawasannya bahwa wisata gunung garut memiliki destinasi wisata yang cukup baik dalam pengelolaannya, terkelola dengan baik untuk segi kebersihan, keramaian, fasilitas yang memadai, ketersediaan air dan juga tersedianya volunteer untuk menjaga wisatawan yang hendak berkunjung”