Visi
Visi, misi, dan tujuan Fakultas Ekonomi (FEKON) Universitas Garut disusun dengan mengacu kepada visi, misi, dan tujuan Universitas Garut serta dengan secara seksama memperhatikan dinamika masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar FEKON mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam proses pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Visi, misi, dan tujuan FEKON Universitas Garut ini telah ditetapkan oleh Senat Fakultas, sehingga hal itu merupakan refleksi komitmen yang tinggi dari seluruh sivitas akademika bagi kemajuan insitusi pendidikan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Adapun yang menjadi Visi FEKON Universitas Garut adalah: “Menjadi Fakultas yang Maju di Tingkat Nasional dan diakui di Tingkat Internasional dalam Pengembangan Bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis Tahun 2045”.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
- Melaksanakan penelitian pada bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis dengan luaran yang bermanfaat bagi masyarakat.
- Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
- Menyelenggarakan sistem administrasi yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga pendidikan tinggi.
- Mengadakan kerjasama dengan institusi pendidikan, pemerintahan, swasta, dan institusi lainnya dalam pengembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
- Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berlandaskan pada Iman, Ilmu dan Amal dengan menjunjung tinggi nilai Pancasila dan UUD 1945.
Tujuan
- Terselenggaranya pendidikan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Akutansi, Manajemen, Pariwisata, dan Bisnis Digital.
- Dihasilkannya penelitian di bidang Akutansi, Manajemen, Pariwisata dan Bisnis Digital yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan berdampak pada masyarakat.
- Terwujudnya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkontribusi pada peningkatan kemampuan masyarakat dalam pembangunan dengan tetap berorientasi pada pengembangan ilmu Ekonomi dan Bisnis.
- Terselenggaranya sistem administrasi yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga pendidikan tinggi.
- Terjalinnya kerjasama dengan lembaga lain dalam pengembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis serta mendukung tridarma perguruan tinggi yang berkelanjutan.
- Terlaksananya kegiatan-kegiatan baik lokal, nasional, regional, maupun internasional yang berlandaskan pada nilai-nilai institusi, Pancasila dan UUD 1945.
Sasaran dan strategi pencapaiannya
Sasaran penyelenggaraan pendidikan tinggi Fekon UNIGA periode 2020—2024 adalah sebagai berikut:
1. Kategori Visi, Misi, Tujuan dan Strategi
- Seluruh pemangku kepentingan terlibat dalam penyusunan visi dan misi di lingkungan Fekon Uniga
- Adanya visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi yang jelas, realistis, dan saling berhubungan.
- Adanya peningkatan pemahaman seluruh stakeholder baik stakeholder internal maupun eksternal
- Visi, Misi, Tujuan dan Strategi terwujud
- Dilaksanakan evaluasi visi, misi, tujuan dan strategi untuk dilakukan perbaikan.
2. Kategori Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerja sama
- Terwujudnya sistem administrasi yang efisien, terpadu dan berkelanjutan.
- Tersusunnya SOP berbagai kegiatan administrasi di fakutas.
- Berkembangnya teknologi informasi untuk pengelolaan administrasi yang tepat.
- Meningkatnya efisiennya dalam pengelolaan dokumen.
- Tersusunnya kebijakan dan pedoman yang jelas terkait pengelolaan Fekon.
- Terlaksananya mekanisme pengambilan keputusan yang partisipatif.
- Dipatuhinya peraturan-peraturan dan etika yang berlaku di Fekon Uniga.
- Tersusunnya mekanisme evaluasi dan pengawasan yang efektif.
- Adanya peningkatan kerjasama dengan DUDI untuk mendukung program-program yang ada di Fekon Uniga.
- Berkembangnya program kemitraan dengan industry untuk mendukung program magang dan meningkatkan lulusan di terima dalam industry.
- Meningkatnya kerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk penelitian dan pengabdian bersama dan untuk sharing pengetahuan.
- Meningkatnya kolaborasi dengan komunitas-komunitas untuk bersama-sama melakukan pengabdian kepada masyarakat.
3. Kategori Mahasiswa
- Adanya peningkatan penerimaan mahasiswa baru yang berkualitas dan beragam untuk tercapaiannya visi misi fakultas.
- Terjadinya peningkatan retensi mahasiswa untuk meningkatkan tingkat kelulusan dan mempertahankan mahasiswa di Fekon Uniga.
- Adanya peningkatan capaian akademik mahasiswa sehingga mahasiswa memiliki pemahaman dan keterampilan yang diharapkan oleh fakultas.
- Berkembangnya soft skill dan hard skill yang dibutuhkan mahasiswa menghadapi dunia kerja.
- Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran yang holistic.
- Adanya peningkatan kepuasan mahasiswa terhadap layanan kampus.
4. Kategori Sumber Daya Manusia
- Meningkatnya kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Fekon Uniga.
- Meningkatnya kualitas pengajaran.
- Meningkatkan kesejahteraan dan kepuasa tenaga pendidik dan kependidikan.
- Meningkatnya penelitian dan PkM dosen, serta pengakuan atas prestasi dosen.
- Terlaksananya evaluasi pengelolaan SDM termasuk penilaian kepuasan dosen dan karyawan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan-perbaikan.
5. Kategori Keuangan, Sarana, dan Prasarana
- Terpenuhinya kebutuhan keuangan yang dapat mendukung operasional kegiatan akademik.
- Adanya pengelolaan anggaran yang efisien sehingga dana yang tersedia digunakan dengan bijaksana sesuai dengan prioritas dan kebutuhan fakultas
- Meningkatnya tambahan sumber dana fakultas
- Adanya pengembangan keuangan jangka panjang.
- Terpenuhinya ruang kelas yang memadai
- Meningkatnya fasilitas laboratorium
- Meningkatnya fasilitas penelitian dan pengabdian
- Tersedianya sistem informasi yang terintegrasi yang mendukung berbagai kegiatan akademik dan administrasi guna mempermudah mahasiswa, dosen dan tenaga nonpendidik dalam mengakses informasi dan kebijakan yang diperlukan.
6. Kategori Pendidikan
- Terlaksananya perencanaan, pengembangan dan pemutakhiran kurikulum secara berkala serta evaluasinya.
- Tersedianya aplikasi teknologi informasi yang sesuai dengan kebutuhan kurikulum.
- Meningkatnya mutu kurikulum agar mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi utama dan kompetensi pendukung, serta memiliki kualitas dan daya saing.
- Meningkatnya mutu penyelenggaraan pendidikan sehingga mahasiswa memiliki sikap positif, kompetensi akademik, mampu mengembangkan minat dan bakat serta memiliki kepuasan dalam proses pembelajaran.
- Meningkatnya kualitas suasana akademik sehingga kondusif untuk melaksanakan kegiatan belajar-mengajar
- Terwujudnya Lembaga Penjaminan Mutu yang kuat dan berpengaruh dalam menjaga mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi.
- Terlaksananya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi ke dalam proses pendidikan.
7. Kategori Penelitian
- Meningkatnya kuantitas dan kualitas penelitian yang dihasilkan dosen maupun mahasiswa.
- Meningkatnya keterlibatan Mahasiswa dalam penelitian dosen
- Tercapainya Jurnal fakultas terakreditasi nasional.
- Tercapainya target penelitian ilmiah oleh dosen di karya ilmiah atau jurnal nasional dan internasional yang dipatenkan sebagai hak kekayaan intelektual.
- Tercapainya peningkatan proposal yang memperoleh pendanaan kompetitif.
8. Kategori Pengabdian kepada Masyarakat
- Meningkatnya jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas yang lebih baik dan sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.
- Tercapainya peningkatan proposal yang memperoleh pendanaan kompetitif.
- Terciptanya luaran PkM dalam bentuk publikasi karya ilmiah.
- Terlaksananya kolaborasi dengan pihak eksternal
- Meningkatnya partisipasi dalam program komunitas
9. Kategori Luaran dan Capaian Tridarma
- Tercapainya rata-rata IPK dana lama studi mahasiswa sesuai standar.
- Terlaksananya sistem pendataan lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi
- Tercapainya peningkatan prestasi akademik dan nonakademik mahasiswa baik di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.
- Terpenuhinya persentase ideal kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi.
- Terciptanya lulusan yang kompeten, produktif, dan kompetitif dinilai dari lama waktu tunggu, kesesuaian bidang kerja lulusan dari program utama, dan tingkat dan ukuran tempat kerja lulusan.
- Tercapainya peningkatan tingkat kepuasan pengguna lulusan.
- Tercapainya peningkatan publikasi di jurnal terakreditasi nasional, terindeks secara internasional, seminar, dan media massa.
- Tercapainya peningkatan jumlah sitasi karya ilmiah dosen tetap.
- Tercapainya peningkatan luaran penelitian dan PkM dosen.