Visi dan Misi

Visi

Visi, misi, dan tujuan Fakultas Ekonomi (FEKON) Universitas Garut disusun dengan mengacu kepada visi, misi, dan tujuan Universitas Garut serta dengan secara seksama memperhatikan dinamika masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar FEKON mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam proses pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Visi, misi, dan tujuan FEKON Universitas Garut ini telah ditetapkan oleh Senat Fakultas, sehingga hal itu merupakan refleksi komitmen yang tinggi dari seluruh sivitas akademika bagi kemajuan insitusi pendidikan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Adapun yang menjadi Visi FEKON Universitas Garut adalah:

“Pada Tahun 2019 menjadi Fakultas yang maju di tingkat nasional dalam pengembangan keilmuan Manajemen dan Akuntansi

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran untuk mendidik calon sarjana akuntansi dan manajemen dan diploma akuntansi.
  2. Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan keilmuan dan aplikasinya bagi kepentingan pengembangan masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui perangkat keilmuan bidang manajemen, akuntansi dan aplikasinya.
  4. Menyelenggarakan sistem administrasi yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga pendidikan tinggi
  5. Mengadakan kerjasama dengan institusi lain seperti institusi pemerintahan, swasta serta lembaga sosial dan pendidikan dalam pengembangan bidang akuntansi dan manajemen

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki kepekaan terhadap masalah-masalah sosial.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkepribadian luhur, yang memiliki pengetahuan di bidang akuntansi dan manajemen.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi dalam penelitian terapan dan pengambilan keputusan di bidang keahliannya.
  4. Menyebarluaskan hasil penelitian dalam bidang manajemen, dan akuntansi dari para dosen dan mahasiswanya.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan hasil penelitian dalam bidang manajemen, dan akuntansi untuk kepentingan pembangunan perekonomian daerah yang meningkatkan martabat semua pelaku ekonomi, terutama kelompok masyarakat.

 

Sasaran dan strategi pencapaiannya

1. Pengembangan Sumber Daya Manusia

Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga pendidik diarahkan agar menjadi tenaga yang profesional, mampu bersaing di tingkat nasional serta mampu berpartisipasi dalam forum-forum regional dan forum-forum internasional, memiliki integritas pribadi yang baik, dan mempunyai komitmen yang kuat terhadap Lembaga Pendidikan. Sedangkan bagi tenaga admisnistratif, pengembangan diarahkan untuk menjadi tenaga profesional yang lebih berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada mahasiswa dan tenaga pendidik.

2. Pengembangan Organisasi dan Manajemen

Untuk mewujudkan suatu organisasi dan manajemen yang efektif dan efisien, maka organisasi dan manajemen di Fakultas Ekonomi perlu dikembangkan atas dasar profesionalisme, transparansi, dan akuntabilitas. Selain itu perlu diciptakan reward system yang adil untuk meningkatkan motivasi dan kebersamaan seluruh civitas akademik. Secara eksternal, untuk memperkuat pencitraan Fakultas Ekonomi Universitas Garut dilakukan dengan menyebarluaskan keberadaan Fakultas Ekonomi dan kualitas lulusan yang dihasilkan.

3. Pengembangan Sarana dan Prasarana dan Teknologi Informasi

  • Pengembangan sarana fisik diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dan untuk menunjang kegitan dosen dalam melakukan berbagai kegiatan serta pelayanan kepada mahasiswa dan dosen.
  • Kemajuan teknologi di bidang sistem informasi dan audio-visual harus dimanfaatkan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah, dan pelayanan administrasi

4. Pengembangan Lingkungan Akademik

Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, maka perlu ditumbuhkan budaya akademik (academic culture) bagi mahasiswa dan dosen dan corporate culture bagi pejabat struktural dan tenaga administratif.