Komitmen Pelag Bangun Kebersamaan dengan Lembaga Ekonomi

Kampung Pelag merupakan daerah yang berada di wilayah Desa Sukalilah Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Garut, di Kampung itu terdapat potensi Sumber Daya Alam yang harus didongkrak dan dikembangkan sehingga dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat setempat. menurut Asep Harist bahwa “Kampung ini patut diberdayakan dan dikembangkan dari sisi perekonomiannya, mengingat banyak sekali potensi yang menonjol terutama di bidang pertanian” pungkasnya. yang paling penting dalam pengembangan ini perlu adanya wadah yang dapat memediasi dan mengarahkan masyarakat sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Asep yang sekaligus Kepala Desa Sukalilah menambahkan¬† bahwa wadah yang paling sederhana adalah koperasi karena sesuai dengan budaya dan karakteristik masyarakat kampung pelag. “sikap gotong royong, komitmen dan kebersamaan sudah terjalin lama di kampung ini”, ujarnya.

Dari persoalan di atas menjadi sangat penting untuk membentuk kelembagaan ekonomi yang berbadan hukum koperasi, karena koperasi pada hakekatnya memperhatikan kepada kepentingan masyarakat secara menyeluruh karena menganut semboyan dari anggota oleh anggota dan untuk anggota. “pengembangan usaha di semua sektor perlu adanya kelembagaan ekonomi yang berbadan hukum khususnya koperasi yang mementingkan masyarakat” ujarnya kata Agus selaku Kasi Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi Kabupaten Garut. Agus menambah pada acara Worshop Identifikasi Potensi Desa dan Kelembagaan Ekonomi (17/5/2017) bahwa untuk pengembangan potensi ini maka pendidikan koperasi menjadi suatu keharusan agar pada saat dibentuk nanti kelembagaan koperasi menjadi aktif dan berperan dalam meningkatkan kesejahteraan warga. pungkasnya.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi program pemberdayaan, pengembangan dan peningkatan kapasitas yang outputnya melahirkan kelembagaan ekonomi yang berbadan hukum. kegiatan tersebut merupakan hasil sinergitas antara Indonesia Power UPJ Kamojang dengan Universitas Garut. menurut Widaningsih selaku PIC dari Universitas Garut mengatakan bahwa Workshop, Seminar, Pelatihan dan studi Banding merupakan bagian dari program yang akan dicanangkan di kemudian hari. ” pendidkan SDM, Calon pengurus dan pengelola Koperasi akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *