Bachelor of Management Program Graduate Profile

Graduate Profile

In the 2015/2016 academic year, the Management Program began the process of revising its curriculum in accordance with the Minister of Education and Culture Regulation No. 3 of 2020 on the National Higher Education Standards. Until now, the program has successfully formulated the program’s objectives, graduate profile, and learning outcomes. The new objectives of the Management Program are as follows: To produce Management graduates with an entrepreneurial spirit and managerial competence, capable of planning, leading, and developing profit-oriented or non-profit-oriented businesses. Therefore, the graduate profile is summarized as follows:

  1. Professional: A graduate who possesses professional competencies in marketing, human resources, finance, and operations within profit-oriented or non-profit-oriented organizations.
  2. Entrepreneur: A graduate who has an entrepreneurial spirit to initiate and/or develop profit-oriented or non-profit-oriented businesses.
  3. Academician: A graduate who has academic competencies, including the ability to understand, analyze, and apply knowledge, conduct research, and evaluate information and arguments found in specific academic fields.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Manajemen terdiri atas empat capaian yaitu:

1. Sikap 

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

2. Pengetahuan

  • Menguasai konsep ilmu ekonomi dan ilmu manajemen serta metode dan perangkat analisis fungsi-fungsi manajemen dan fungsi-fungsi perusahaan pada berbagai jenis organisasi
  • Menguasai dasar-dasar rencana bisnis bidang ekonomi kreatif pada skala mikro, kecil, dan menengah
  • Menguasai konsep dan teknik menyusun rencana strategis organisasi dan menjabarkannya dalam rencana operasional organisasi
  • Menguasai konsep tentang metode penelitian
  • Menguasai prinsip-prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan dalam berbagai jenis organisasi
  • Menguasai prinsip-prinsip etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan
  • Menguasai prinsip-prinsip dan teknik komunikasi lintas fungsi, organisasi, dan budaya
  • Menguasai pengetahuan tentang berbagai regulasi yang berdampak pada organisasi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional
  • Menguasai minimal satu bahasa asing

 

3. Keterampilan Umum

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  • Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis data
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, dan pihak pemangku kepentingan lainnya baik di dalam maupun di luar lembaganya
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

4. Keterampilan Khusus

  • Mampu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian) pada tingkat operasional dan manajerial di berbagai jenis organisasi
  • Mampu melaksanakan fungsi-fungsi perusahaan (operasi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia) pada tingkat operasional dan manajerial di berbagai jenis organisasi
  • Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi fungsi perusahaan serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal
  • Mampu menyusun rencana bisnis bidang ekonomi kreatif pada skala mikro, kecil, dan menengah untuk memulai dan mengembangkan bisnis
  • Mampu mengidentifikasi dan menganalisis lingkungan organisasi sebagai dasar formulasi alternatif strategi organisasi
  • Mampu berkontribusi dalam penyusunan rencana strategis organisasi dan menjabarkannya ke dalam rencana operasional organisasi pada tingkat fungsional
  • Mampu mengambil keputusan manajerial yang tepat di berbagai jenis organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis informasi dan data pada fungsi- fungsi perusahaan
  • Mampu melakukan kajian empiris dan menyusun pemodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai jenis organisasi berdasarkan fungsi- fungsi perusahaan
  • Mampu menggunakan metode penelitian yang tepat untuk menganalisis informasi dan data yang relevan dalam pengambilan keputusan manajerial
  • Mampu menggunakan berbagai jenis teknologi informasi dan komunikasi yang relevan pada tingkat operasional di berbagai jenis organisasi
  • Mampu berkomunikasi secara efektif pada berbagai level organisasi dan lintas fungsional
  • Menguasai metode dan teknik pemasaran khususnya bidang penjualan sehingga mampu meningkatkan daya saing perusahaan baik yang berorientasi laba maupun nirlaba
  • Memiliki kemampuan manajerial yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan baik yang berorientasi laba maupun nirlaba.