Visi dan Misi

Visi

Visi, misi, dan tujuan Fakultas Ekonomi (FEKON) Universitas Garut disusun dengan mengacu kepada visi, misi, dan tujuan Universitas Garut serta dengan secara seksama memperhatikan dinamika masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar FEKON mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam proses pendidikan dan pembangunan masyarakat secara keseluruhan. Visi, misi, dan tujuan FEKON Universitas Garut ini telah ditetapkan oleh Senat Fakultas, sehingga hal itu merupakan refleksi komitmen yang tinggi dari seluruh sivitas akademika bagi kemajuan insitusi pendidikan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Adapun yang menjadi Visi FEKON Universitas Garut adalah: “Menjadi Fakultas yang Maju di Tingkat Nasional dan diakui di Tingkat Internasional dalam Pengembangan Bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis Tahun 2045”.

Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
  2. Melaksanakan penelitian pada bidang Ilmu Ekonomi dan Bisnis dengan luaran yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
  4. Menyelenggarakan sistem administrasi yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga
    pendidikan tinggi.
  5. Mengadakan kerjasama dengan institusi pendidikan, pemerintahan, swasta, dan institusi lainnya dalam pengembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis.
  6. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berlandaskan pada Iman, Ilmu dan Amal dengan menjunjung tinggi nilai Pancasila dan UUD 1945.

Tujuan

  1. Terselenggaranya pendidikan tinggi yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Akutansi, Manajemen, Pariwisata, dan Bisnis Digital.
  2. Dihasilkannya penelitian di bidang Akutansi, Manajemen, Pariwisata dan Bisnis Digital yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan berdampak pada masyarakat.
  3. Terwujudnya kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkontribusi pada peningkatan kemampuan masyarakat dalam pembangunan dengan tetap berorientasi pada pengembangan ilmu Ekonomi dan Bisnis.
  4. Terselenggaranya sistem administrasi yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi lembaga pendidikan
    tinggi.
  5. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga lain dalam pengembangan Ilmu Ekonomi dan Bisnis serta mendukung tridarma perguruan tinggi yang berkelanjutan.
  6. Terlaksananya kegiatan-kegiatan baik lokal, nasional, regional, maupun internasional yang berlandaskan pada nilai-nilai institusi, Pancasila dan UUD 1945.

Sasaran dan strategi pencapaiannya

  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia
    • Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi tenaga pendidik diarahkan agar menjadi tenaga yang profesional, mampu bersaing di tingkat nasional serta mampu berpartisipasi dalam forum-forum regional dan forum-forum internasional, memiliki integritas pribadi yang baik, dan mempunyai komitmen yang kuat terhadap Lembaga Pendidikan. Sedangkan bagi tenaga admisnistratif, pengembangan diarahkan untuk menjadi tenaga profesional yang lebih berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada mahasiswa dan tenaga pendidik.
  2. Pengembangan Organisasi dan Manajemen
    • Untuk mewujudkan suatu organisasi dan manajemen yang efektif dan efisien, maka organisasi dan manajemen di Fakultas Ekonomi perlu dikembangkan atas dasar profesionalisme, transparansi, dan akuntabilitas. Selain itu perlu diciptakan reward system yang adil untuk meningkatkan motivasi dan kebersamaan seluruh civitas akademik. Secara eksternal, untuk memperkuat pencitraan Fakultas Ekonomi Universitas Garut dilakukan dengan menyebarluaskan keberadaan Fakultas Ekonomi dan kualitas lulusan yang dihasilkan.
  3. Pengembangan Sarana dan Prasarana dan Teknologi Informasi
    • Pengembangan sarana fisik diupayakan untuk dapat memenuhi kebutuhan proses belajar mengajar dan untuk menunjang kegitan dosen dalam melakukan berbagai kegiatan serta pelayanan kepada mahasiswa dan dosen.
    • Kemajuan teknologi di bidang sistem informasi dan audio-visual harus dimanfaatkan dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas proses belajar mengajar, penelitian, publikasi ilmiah, dan pelayanan administrasi
  4. Pengembangan Lingkungan Akademik
    • Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, maka perlu ditumbuhkan budaya akademik (academic culture) bagi mahasiswa dan dosen dan corporate culture bagi pejabat struktural dan tenaga administratif.